Minggu, 21 Mei 2017

Industrial Visit to Indonesia Power (IP), Krakatau Tirta Industries, and Kampung Lampung

CILEGON- Rabu (10/05/2017) Peserta didik kelas XI SMAIT Raudhatul Jannah (RJ) mengikuti kegiatan kunjungan industri keperusahaan penyedia listrik Indonesia Power (IP) dan keperusahaan penyedia air bersih untuk masyarakat Krakatau TirtaIndustri (KTI), dan juga ke Kampong Lampung, Anyer.
    Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka pengenalan dunia kerja di bidang industri baik untuk kunjungan ke KTI dan IP, sedangkan untuk kunjungan ke Kampong Lampung, Anyer, peserta didik diperkenalkan salah satu kebudayan dari salah satu komunitas masyarakat yang ada di sekitar provinsi Banten.
    Dalam kegiatan ini peserta didik kelas XI dibagi sesuai dengan jurusan yang diambil. Kelas jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkunjung ke IP sedangankan kelas jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berkunjung ke KTI dan Kampung Lampung.
    Peserta didik jurusan IPA mengikuti kegiatan kunjungan ke IP dengan beberapa agenda yang sudah dipersiapkan oleh  IP. Awalnya, peserta didik diperkenalkan terlbih dahulu tentang sejarah dan profil Indonesia Poer (IP) kemudian peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang kemudian disebar ke beberapa bidang yang di perusahaan teresbut.
    Sedangkan untuk kegiatan peserta didik dari jurusan IPS di KTI tidak jauh berbeda dengan yang diikuti oleh peserta didik dari jurusan IPA. Mereka diperkenalkan tentang profil KTI dan kemudian mereka dipersilakan untuk mengunjungi tempat proses penjernihan air berlangsung dan laboratorium KTI. Untuk kegiatan di Kampung Lampung, peserta didik diperkenalkan tentang sejarah Kampung Lampung dan kebudayaan Kampung Lampung.
    Kegitan tersebut termasuk kegiatan inovasi yang baru tahun ini diadakan di SMAIT Raudhatul Jannah dengan tujuan selain mengenal dunia kerja, peserta didik juga tidak jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang biasanya berlangsung di dalam kelas.
    Kegiatan tersebut mendapatkan reaksi yang positif dari peserta didik kelas XI, baik dari jurusan IPA dan Jurusan IPS. Yazid (XI IPS 2) menyampaikan “kegiatannya seru, kita jadi bias tahu proses penjernihan air yang biasa kita konsumsi sehari-hari, selain itu kita juga tahu lebih banyak tentang kebudayaan dan kebiaasan Kampung Lampung dari zaman dulu hingga sekarang. Rama (XI IPA 2) menambahkan “kegiatan ke IP seru, jadi kita tahu tentang pemanfaatan batu bara untuk listrik dan kita juga tahu tentang dunia kerja itu seperti apa” (Afuw)

0 komentar:

Posting Komentar